Tipe alat pemecah batu


1.      Crusher
Adalah komponen dari peralatan pemecah batu yang berfungsi untuk memecah dan mengurangi ukuran bahan (batu). Umumnya terdiri dari pemecah batu primer tergantung dari kombinasi peralatan aggregat. Pada umumnya primer crusher terdiri dan jenis jaw crusher, gyratory crushers, impactors, atau single roll crusher yang mampu mengurangi ukuran batu ukuran besar (maks. 91,44 s/d 121,92 cm). Pemecah batu untuk ukuran batu yang Iebih kecil dapat memakai twin atau triple roll crusher, cone crusher, atau hammermill. Berikut beberapa type dan jenis mesin CRUSHER / alat Crusher dan kegunaanya:
a.      JAW CRUSHER
Jaw Crusher adalah type crusher yang paling umum, dimana sistem kerjanya memampatkan / menghimpit material hingga hancur, biasa digunakan untuk menghancurkan batu jenis batu yang keras, seperti batu kali, batu pegunungan, batu mineral, batu emas, batu mangan, batu besi, dsb dgn target penghancuran hanya sampai menjadi ukuran 1 - 5 cm. Unjuk kerja dari Jaw Crusher sangat-sangat ditentukan oleh ukuran Fly wheel ( Roda Gila) nya dan kekuatan Shaft, karena kedua komponen tersebut berperan vital.Utk operasional produksi penambangan Jaw Crusher ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan peralatan2 yang lain. Pada Tabel 1. ditunjukkan Tipe dan Spesifikasi dari Jaw Crusher yang dapat digunakan sebagai acuan.
Tipe-Model Dan Spesifikasi Jaw Crusher
Tabel 1. Tipe-Model Dan Spesifikasi Jaw Crusher

b.      IMPACT CRUSHER
Impact Crusher adalah type crusher dengan sistem pukul rotary dengan kecepatan rpm yang cukup tinggi, Impact crusher biasa digunakan untuk menghancurkan batu kali dan batu gunung dengan ukuran raw material tidak terlalu besar dan menghasilkan produk dengan ukuran yang kecil (sekitar 1 - 5 cm) yang variasi ukuran nya relatif lebih homogen. Mesin ini sangat cocok untuk memproduksi abu batu atau jagungan untuk bahan baku aspalt kering atau pembuatan paving block. Utk operasional produksi penambangan Impact Crusher ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan peralatan2 yang lain.

c.       ROLL CRUSHER
Roll Crusher adalah type crusher dengan sistem gilas rotary dengan kecepatan rpm yang relatif lebih rendah dari impact crusher yaitu sekitar 300 rpm dan memiliki kapasitas produksi yang jauh lebih besar. Unjuk kerja dari mesin Roll Crusher ini bergantung pada jenis / kualiatas material gigi gilasnya, ukuran shaft dan ukuran Fly Wheel ( Roda Gila) nya, yang semuanya harus disesuaikan dengan raw material dan target kapasitas produksi. Roll Crusher biasa banyak digunakan didunia pertambangan, yaitu untuk menghancurkan batuan dengan tingkat kekerasan & keuletan yang relatif rendah, seperti batu bara, batu kapur, bahan semen, batu tembaga, belerang, dsb. Utk operasional produksi penambangan Roll Crusher ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan peralatan2 yang lain.

d.      CONE CRUSHER
Cone Crusher adalah type crusher yang cukup spesial dan customize, prinsip kerja dari Cone Crusher ini yaitu menghimpit material secara vertical rotary dengan kecepatan rpm yang cukup sedang sekitar 500 rpm dan bertumpu pada kekuatan pegas. Cone Crusher ini biasa digunakan sebagai secundery crusher, crusher lanjutan yaitu menghancurkan batuan dengan ukuran sekitar 5 - 10 cm utk menghasilkan ukuran yang dikehendaki. Kelebihan dari mesin Cone Crusher ini yaitu bisa menghasilkan struktur pecahan batu yang relatif homogen dengan bentuk cubical ( kotak) , sehingga sangat cocok untuk memproduksi batu tensla / batu pecah yang digunakan untuk pembuatan jalan raya. Utk operasional produksi penambangan Cone Crusher ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan peralatan2 yang lain.

e.       SHREDDER / CRUSHER POTONG
 Crusher Potong / Shredder adalah type crusher yang berfungsi multiguna, bekerja dengan prinsip memotong material dengan sistem rotary dan terdiri dari gigi pisau yang jumlah nya relatif banyak. Mesin Crusher ini biasa digunakan untuk menghancurkan / mereduksi ukuran menjadi serpihan kecil-kecil dari berbagai jenis limbah industri, seperti limbah otomotif, limbah elektronik, limbah cat, limbah kertas karton, limbah logam plant, dsb.

f.       CRUSHER PLASTIK.
Crusher ini merupakan type crusher potong juga, tetapi memiliki konstruksi yang agak berbeda, berkerja dengan sistem potong rotary dengan kecepatan rpm yg cukup tinggi. Biasa digunakan untuk menghancurkan segala jenis material yang terbuat dari bahan plastik menjadi serpihan dengan ukuran sekitar 1 cm2.

g.      HAMMER MILL
Mesin Crusher jenis Hammer Mill ini adalah mesin crusher yang bekerja dengan prinsip pukul rotary dengan kecepatan rmp yang tinggi. Hampir sama dengan Impact Crusher, tetapi utk hammer mill bias menghasilkan produk dengan kehalusan mencapai 80 mesh. Mesin Hammer mill ini biasa digunakan untuk memproduksi pasir halus, konsentrat mineral, mineral ore, tepung batu-batuan yg unsur2 pembentuknya berupa butiran halus seperti kapur, dolomite, zeolit, dsb.

h.      HAMMER ROLLER MILL
Mesin crusher jenis ini prinsip kerja nya sama seperti mesin hammer mill, hanya saja proses nya dilanjutkan dengan roll mill. Mesin Hammer Roller mill digunakan untuk membuat konsentrat dari batu mineral dgn kekerasan tinggi, dan mampu menghasilkan produk dengan tingkat kehalusan tinggi yaitu mencapai 200 - 300 mesh. Sangat cocok utk digunakan dalam penambangan emas, penampangan tembaga, supplier pupuk, produksi dolomite, zeolit, batu kapur, dsb. Khusus mesin ini, mungkin hanya kami yang membuat, karena mesin ini 100% hasil rekayasa engineering kami.
Perbedaan antara mesin hammer roller mill dan mesin Raymond Mill buatan china, mesin kami bekerja dgn efisiensi tinggi, sekali proses langsung halus, tidak seperti mesin R3 - R6 dari china yg memiliki efisiensi rendah, dmn harus diproses berulang2 utk mengasilkan kehalusan 200 mesh, shg membuang energi.


2.        Conveyor atau Bucket Elevator
Adalah komponen dari peralatan pemecah batu yang berfungsi untuk memindahkan material secara langsung dalam suatau proses dari satu unit ke unit lain atau ke stock pile. Pada umumnya suatu unit conveyer terdiri dari komponen conveyer belt, conveyer leg, motor. Fungsi-fungsi conveyer pada peralatan pemecah batu biasanya terdiri dari unit joint conveyer (fungsi penyambung atau perantara), discharge conveyer (mendistribusikan ke stock pile), feed conveyer (fungsi pemasok), return conveyer (fungsi balik untuk dipecah lagi).

3.        Screen (Ayakan)
Adalah komponen pada peralatan pemecah batu yang berfungsi untuk menyaring / memisahkan, membentuk gradasi (grading), dan secara tidak langsung mengontrol penyaluran material ke unit crusher selanjutnya, bin, atau stock pile. Tujuan utama screening adalah "scalping", yaitu untuk memindahkan oversize atau undersize material dalam unit crusher, atau untuk mendapatkan ukuran material (batu) yang dihasilkan. Screen pada unit crusher yang portable biasanya terdiri 2 1/2 deck atau lapisan atau lembaran screen pada permulaan proses untuk mendapatkan initial input pada deck bagian atas. Posisi deck atau lembaran screen adalah paralel yang terpisah pada jarak yang cukup agar dapat menggerakkan material antara deck. Material yang tertahan pada deck bagian atas akan dipecah lagi oleh primary crusher, material yang lolos dari deck pertama dan yang tertahan pada deck bagian kedua akan dipecah oleh unit crusher selanjutnya. Untuk material berlebih yang halus (abu batu) akan melalui saringan paling bawah berukuran 1/2 deck. Pada umumnya screen terbuat dari kawat baja yang dianyam, dan bidang persegi empat yang terletak di antara dua bush kawat yang dianyam menentukan ukuran batu yang dapat lolos melewatinya. Terdapat dua jenis screen yang biasa dipakai, yaitu vibrating screen dan revolving screen. Vibrating screen terdiri dari yang datar dan ada yang miring ke bawah dalam arah aliran bahan. Vibrating screen digetarkan oleh sebuah penggetar yang ditempelkan di atas atau di kiri dan kanan ayakan. Revolving screen biasanya terbuat dari drum yang dindingdindingnya berlubang yang berputar dalam kedudukan miring ke bawah dalam arah aliran bahan. Terdapat beberapa macam peralatan pemecah batu, yaitu :

Komentar

  1. mas...tolong share komponen utama jaw crusher beserta fungsinya ya,,..ditunggu...:)

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat, Untuk mengetahui lebih banyak jeni-jenis crusher silahkan kunjungi website kami.

    Terimakasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Kritik & saran sangat membantu demi kasempurnaan blog ini.
Terima kasih.
:)

Admin

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN AWAM DAN HIERARKI SEBAGAI PATNER KERJA

MINERAL FELDSPAR

TAMBANG TERBUKA