PENGERTIAN HUKUM PERBURUHAN


1.      Mr. M.G. Levenbach :” arbeidrecht “ sebagai sesuatu hukum yang berkeneen dengan hubungan kerja, dimana pekerjaan itu dilakukan di bawah pimpinan dan dengan keadaaan penghidupan yang langsung bersangkut paut dengan hubungan kerja itu.

2.   Mr. A.H. Molenaar : “ arbeidsrecht ” adalah bagain dari hukum yang berlaku pada pokoknya engatur hubungan antara buruh dengan majikan, antara buruh dengan buruh, dan antara buruh dengan penguasa.

3.   Mr. S. Mok : “ arbeidrecht “ adlah hukum yang berkeneen dengan pekerjaan yang dilakukan dibawah pimpinan orag lain dan dengan keasaan panghidupan yang langsung berandengan dengan pakerjaan itu.

4.    Mr. N.E.H. van Esveld : Tidak membatasi lapangan “ arbeidrecht” pad hunungan kerja dimana pekerjaan dilakukan dibawah pimpinan tetapi meliputi pula pekerjaan yang dilakukan oleh swa-pekerja yanh melekukan pekerjaan atas tanggung jawab dan resiko sendiri

5.    Iman Soepomo, hukum perburuhan adalah himpunan peraturan, baik tertulis atau tidak yang berkenaan dengan kejadian dimana seseorang bekerja pada orang lain dan menerima upah.

6.  Soetiksno, hukum perburuhan adalah keseluruhan peraturan-peraturan hukum mengenai hubungan kerja yang mengakibatkan seseorang secara pribadi ditempatkan di bawah pimpinan (perintah) orang lain dan keadaan-keadaan penghidupan yang langsung bersangkut-paut dengan hubungan kerja tersebut. Sehingga secara tersurat ( eksplisit ) menunjukan adanya hal-hal lain bersangkut-paut dengan hubungan kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN AWAM DAN HIERARKI SEBAGAI PATNER KERJA

MINERAL FELDSPAR

TAMBANG TERBUKA